Workshop Series: Analisis Data Kualitatif Tematik dengan Atlas.ti, Microsoft Excel, dan Gephi

Seorang peneliti sering dihadapkan pada data kualitatif yang begitu besar. Agar data tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh para pemangku kepentingan atau orang banyak, data tersebut perlu diringkas. Proses meringkas data tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti kualitatif. Di satu sisi, jika proses tersebut dilakukan secara manual, peneliti akan banyak menghabiskan waktu dan pikiran. Di sisi lain, jika prosesnya dilakukan sepenuhnya dengan menggunakan komputer, dimungkinkan akan ada hal-hal penting yang bisa terlewatkan. Oleh karena itu, workshop series ini akan menawarkan suatu strategi yang menggabungkan peran peneliti dan komputer serta didukung dengan algoritma matematis untuk meringkas data kualitatif menjadi beberapa tema.

Apa yang akan dipelajari?

Setelah menyelesaikan workshop series ini, peserta akan mampu

  • melakukan pengkodean data kualitatif dengan menggunakan perangkat lunak Atlas.ti;
  • menyusun matriks atau tabel kemunculan bersama kode menggunakan Atlas.ti dan kemudian memaknainya;
  • menyusun tabel sisi berdasarkan matriks kemunculan bersama kode dengan menggunakan Microsoft Excel;
  • melakukan analisis jejaring terhadap data yang disajikan oleh tabel sisi melalui perangkat lunak Gephi;
  • mengkonstruksi tema-tema awal dengan menggunakan modularitas;
  • mengulas dan melaporkan tema-tema yang telah dikonstruksi.

Apa saja yang akan dilakukan?

Minggu pertama

  • Memahami dasar-dasar analisis tematik.
  • Mengenal strategi pengkonstruksian tema yang menggunakan analisis jejaring.
  • Mengenal dan mengulas Atlas.ti, Microsoft Excel, dan Gephi.
Workshop Series #1: Pengantar Analisis Tematik

Minggu kedua

  • Mengimpor hasil angket ke dalam lembar kerja Atlas.ti.
  • Melakukan pengkodean data kualitatif dengan Atlas.ti.
  • Menyusun tabel kemunculan bersama kode.
Workshop Series #2: Analisis Data Kualitatif Tematik dengan ATLAS.ti

Minggu ketiga

  • Mengubah tabel kemunculan bersama kode menjadi tabel sisi dengan menggunakan Microsoft Excel.
  • Mengimpor tabel sisi ke dalam perangkat lunak Gephi.
  • Melakukan analisis jejaring untuk mengkonstruksi tema-tema awal.
Workshop Series #3: Menggunakan Analisis Jejaring dalam Analisis Data Kualitatif Tematik

Minggu keempat

  • Mengulas, mendefinisikan, dan menamai tema-tema yang dihasilkan.
  • Melaporkan tema-tema yang dihasilkan.
  • Mengulas keseluruhan rangkaian workshop untuk merencanakan penelitian kualitatif tematik.
Workshop Series #4: Melaporkan Hasil Analisis Data Kualitatif Tematik

Apa saja prasyarat workshop series ini?

Peserta yang memiliki pengetahuan dasar mengenai penelitian kualitatif dan keterampilan dasar mengoperasikan komputer akan sangat terbantu ketika mengikut workshop series ini.

Siapa instrukturnya?

Yosep Dwi Kristanto, M.Pd.
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Apa saja bahan bacaannya?

  • Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Using network analysis for rapid, transparent, and rigorous thematic analysis: A case study of online distance learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 177-189. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33912
  • Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Analisis data kualitatif: Penerapan analisis jejaring untuk analisis tematik yang cepat, transparan, dan teliti. https://doi.org/10.35542/osf.io/csah6
  • Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
  • Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods. https://doi.org/10.1177/1609406917733847
  • Friese, S. (2014). Qualitative data analysis with ATLAS.ti (2nd ed.). London: SAGE.
  • Bastian, M., Heymann, S., & Jacomy, M. (2009). Gephi: An open source software for exploring and manipulating networks. International AAAI Conference on Weblogs and Social Media. http://www.aaai.org/ocs/index.php/ICWSM/09/paper/view/154